Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis Desain Arsitektur Rumah Anda

Wednesday, July 2, 2014

Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit

Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit - Taman rumah merupakan bagian yang cukup penting dalam desain sebuah rumah minimalis secara keseluruhan. Selain sebagai memperindah dan menambah kesan asri, taman rumah juga memiliki fungsi orologis yaitu menambah resapan dan saringan air di lingkungan rumah Anda, sehingga keberadaan taman tidak bisa diabaikan begitu saja. Selain itu taman akan menciptakan kesan asri dan teduh, kesan alami akan sangat terasa pada sebuah rumah dengan taman yang hijau dan menyejukan.

Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit

Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika tanah yang Anda miliki tidak cukup luas? Pertimbangkan lagi jika Anda ingin menutup semua tanah tersebut dengan bangunan rumah, selain sebagai aksesoris, taman juga berfungsi untuk tempat resapan air, sehingga air tanah dilingkungan rumah Anda akan terjaga.

Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit

Setiap bangunan rumah setidaknya pasti mempunyai sebidang lahan yang kosong. Lahan yang kecil ini bisa Anda manfaatkan untuk menambah keasrian rumah Anda dengan membuat sebuah taman minimalis. Tampilan suatu taman jelas tidak tergantung dari ukuran dan luas lahan. Bila dikerjakan dengan penuh perhatian dan desain yang matang, sebuah taman di lahan sempit bisa memperindah rumah anda secara keseluruhan.

Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit

Bingung bagaimana menata taman kecil Anda supaya indah dilihat? Menata taman dengan lahan sempit memang susah-susah gampang. Selain karena terbatasnya lahan, juga karena terbatasnya jenis tanaman yang bisa ditanam pada lahan kecil. Berikut beberapa tips dari Blog Rumah Minimalis untuk menata taman di lahan sempit rumah Anda.

Tips Menata Taman di Lahan Sempit

  1. Arah Sinar Matahari, hal ini sangat penting mengingat kebutuhan tumbuh-tumbuhan akan sinar matahari untuk proses fotosintesanya.
  2. Kondisi Tanah dan Serapan Air, perhatikan arah aliran air keluar dari taman anda, jangan sampai arah keluarnya air ini justru menyebabkan genangan, anda juga bisa menambahkan sumur-sumur biopori agar resapan air ke tanah di taman anda semakin baik.
  3. Tanaman-Tanaman Kecil. Gunakan tanaman-tanaman kecil, mengingat lahan yang anda miliki terbatas, menggunakan tanaman yang terlalu besar akan membuat taman terasa terlalu penuh.
  4. Pagar Pembatas Alami, dengan menggunakan pagar alami seperti  ini, membuat kesan taman anda lebih luas karena berkesan tidak ada sekat.
  5. Aplikasasi Paving. Paving sangat penting diaplikasikan, terutama jika taman anda sering digunakan untuk berlalu lalang, hal ini berguna agar tanaman anda tidak rusak. 
  6. Sesuaikan Dengan luas Lahan. terakhir namun hal ini seharusnya anda lakukan pertama kali sebelum menata taman, yaitu sesuaikan konsep taman anda dengan lahan yang tersedia.
Demikian beberapa Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit, semoga bisa membantu Anda mendesain taman kecil namun indah untuk hunian idaman Anda. untuk menambah pengetahuan dan inspirasi, anda juga bisa membaca desain rumah minimalis idaman dan ratusan artikel lain tentang desain rumah di Blog Rumah Minimalis.

Tips Menata Taman Rumah di Lahan Sempit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Tasik

1 comments:

Post a Comment